Sabtu, 12 Desember 2009

Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur

Telaga Sarangan dikenal juga sebagai telaga pasir. Telaga Sarangan ini adalah sebuah telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.Berjarak sekitar 16 kilometer arah barat kota Magetan. Telaga ini luasnya sekitar 30 hektar dan berkedalaman 28 meter.Telaga ini cukup unik, karena airnya bergerak seperti air laut. Di sekelilingnya nampak bukit-bukit yang menjulang tinggi.


View Larger Map


Suhu

Telaga Sarangan bersuhu antara 18-25 derajat Celsius. Selain hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah, Telaga Sarangan menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Terutama jika hari Idul fitri, Natal dan Tahun baru, telaga sarangan penuh dengan wisatawan, terutama wisatawan dalam negeri.

Obyek Wisata
  • Di sekeliling Telaga Sarangan banyak sekali ditemukan hotel, rumah makan dan kios-kios yang menjual cendera mata seperti kaos, topi, sweater, jaket dan mainan. Ada juga yang menjual makanan khas Sarangan seperti sate kelinci, nasi pecel, emping melinjo dan lempeng (kerupuk dari nasi) dan juga hasil kerajinan daerah misalnya anyaman bambu, kerajinan kulit.
  • Di sana juga banyak sekali kuda-kuda yang disewakan. Wisatawan dapat menikmati pemandangan dengan mengendarai kuda berkeliling di tepi telaga. Bagi orang-orang yang tidak bisa mengendarai kuda tidak perlu kuatir, karena ada pawang yang menuntun jalannya kuda. Harga untuk sekali perjalanan tergantung kesepakatan harga dengan pemilik kuda. Kisaran harga sekirar 35 ribu rupiah.
  • Bagi yang suka naik motor boat dan mengelilingi telaga melalui air, banyak juga motor boat dan sepeda air yang bentuknya seperti bebek, disewakan dan diparkir di pinggir telaga. Sama dengan mengendarai kuda, harga sewa motor boad dan sepeda air juga tergantung kesepakatan dengan pemilik motor. Kisarannya harga sekitar 40 ribu rupiah. Pada umumnya harganya sedikit lebih mahal dari harga menyewa kuda.
  • Di dekat dengan Telaga Sarangan, ada pintu masuk menuju air terjun. Ada tiga air terjun yang di sini yaitu air terjun Watu Ondo, Pundak Kiwo, dan Jarakan. Di dekat pintu masuk salah satu air terjun ini, ada bekas pesawat yang dijadikan monumen. Jalan menuju air terjun tidak sulit, bahkan setengah perjalanan bisa dilakukan dengan mobil.

Obyek wisata lain yang lokasinya tak jauh dengan Telaga Sarangan adalah Air Terjun Grojogan Sewu, Tawangmangu (Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah)

Budaya


Upacara Labuh Sesaji

Bagi masyarakat sekitar Telaga Sarangan dikenal upacara "Labuh Sesaji", yaitu sebuah upacara ritual “Bersih Desa". Ritual ini dilakukan dengan malarungkan persembahan ke dalam telaga.pada hari Jum’at Pon di bulan Ruwah setiap tahunnya. Ritual ini ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat sekitar kepada Tuhan atas berkat yang telah diberikan.

Yang harus diperhatikan :

Jika Telaga Sarangan ini dituju dari arah Tawangmangu, maka sekitar lima kilometer menjelang lokasi Telaga Sarangan para pengunjung harus melewati tanjakan "Irung Petruk" dan tanjakan "Cemoro Sewu'. Yang harus diwaspadai karena tanjakan ini sangat terjal terutama menjelang tanjakan "Cemoro Sewu'. Oleh karena itu kendaraan yang digunakan pun harus dalam keadaan baik. Cek lah dulu kendaraan sebelum melaluinya.

0 comments:

Posting Komentar

 

© 3 Columns Newspaper Copyright by Travelling Information Website, Site For Travellling Review | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks