Kamis, 24 Desember 2009

Travelling to Indonesia : Sekotong Beach

Pantai Sekotong adalah salah satu obyek wisata yang terkenal di Pulau Lombok. Pantai ini terletak di Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di Kecamatan Sekotong.  Jika diukur dari Kota Mataram, Pantai Sekotong ini berjarak sekitar 60 kilometer. Untuk menuju Pantai Sekotong, dapat ditempuh dengan angkutan umum sejenis minibus sekitar 1,5-2 jam. Selain melalui Mataram, bisa juga dicapai melalui Pelabuhan Nusa Penida. Dengan perahu sewaan, perjalanan Nusa Penida-Sekotong bisa ditempuh dalam waktu tiga jam.


Pantai ini dikelilingi oleh kawasan perbukitan yang melingkar tak jauh dari pinggir pantai. Lautnya berair biru dan pantainya berpasir putih. Pantai Sekotong ini masih asli, bebas polusi dan belum banyak dijamah manusia. Namun demikian kini mulai dibangun sarana akomodasi seperti hotel dan penginapan.


Sekotong merupakan salah satu dari 15 kecamatan di Kabupaten Lombok Barat. Di sini  para wisatawan dapat mendaki bukit-bukit kecil di dekat pantai. Di puncak bukit itu, banyak pemandangan indah yang dapat dinikmati. Dari puncak perbukitan, para wisatawan dapat menikmati pemandangan Pantai Sekotong dengan leluasa. Gunung Agung Bali akan tampak di seberang lautan. Selain itu sejumlah pulau (gili) yang berada cukup dekat dengan Pantai Sekotong akan tampak pula. Setidaknya, ada belasan pulau di perairan Gugusan Gili Sekotong, antara lain: Gili Genting, Gili Lontar, Gili Gede, Gili Bedis, Gili Sudak, Gili Nanggu, Gili Tangkong, Gili Berairan, Gili Amben, Gili Asahan, Gili Layar, Gili Rengit, Gili Goleng, Gili Anyaran, dan Gili Poh. Dari sejumlah pulau ini, banyak di antaranya yang tidak berpenghuni. Hanya beberapa saja yang berpenghuni yakni Gili Layar, Gili Asahan, dan Gili Gede.


Pulau Gili Gede merupakan pulau dengan luas sekitar 323.000 hektare. Ini adalah pulau terbesar di Gugusan Gili Sekotong dan dihuni oleh 2.000 jiwa atau 318 KK. Sebagian besar dari mereka bekerja sebagai nelayan dan petani.


Sedangkan Pulau Gili Nanggu sudah dikembangkan sebagai lokasi pariwisata bahari. Untuk mencapai ke tempat ini dari Pantai Sekotong, diperlukan waktu sekitar 15 menit. Di pulau ini, banyak wisatawan yang berjemur (sun bathing) dan melakukan snorkeling. Saat ini, Gili Nanggu dikunjungi rata-rata 100 orang wisatawan setiap harinya.

Obyek Wisata Lain Selain Pantai Sekotong :

  • Balai Budidaya Laut Lombok.  Di balai ini dikembangkan budidaya sejumlah biota laut seperti kerang abalone, ikan kerapu, lobster, ikan napoleon, teripang, dan lain-lain. Balai Budidaya Laut Lombok ini dikelola oleh Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, Departemen Kelautan dan Perikanan. 
  • Bagi yang suka menyelam,  wisata selam di pulau lombok umumnya di kenal karena adanya gugusan pulau pulau kecil yg terletak di utara pulau lombok yaitu:

    • Gili Trawangan
    • Gili Meno
    • Gili Air


Akan tetapi, Wisata selam di Lombok bukan hanya di ketiga gilis tersebut, tapi ada juga tempat yang indah tetapi jarang di kunjungi para penyelam yaitu di Selatan Lombok, Teluk Sekotong dan gugusan pulau pulau kecil di kabupaten Lombok Timur.

  • Teluk Sekotong: 
    Teluk Sekotong letaknya di bagian Barat Laut Pulau Lombok. Di bawah laut banyak terdapat terumbu karang dan ikan ikannya yg jarang di jamah manusia. Diantara pulau pulau kecil tersebut adalah : Gili Nanggu, Gili Kedis, Gili Genting, Gili Ringgit, Gili Gede, Gili Poh dan masih banyak lagi yg lain.
  • Teluk Blongas / Sepi Bay:
    Teluk Blongas dan Sepi terletak di bagian paling selatan pulau Lombok, Teluk Blongas ini adalah tempat diving yg di sangat terkenal dengan Ikan Hiu Palunya yg mencapai hingga 2 meter. Keindahan bawah lautnya begitu menawan dan tidak ada satu arealpun terumbu karang yg rusak, Tetapi di balik keindahan itu menyimpan bahaya yg sangat di takuti oleh para penyelam yaitu Arus bawah lautnya yg sangat deras. Penyelam di daerah ini hanya bisa menyelam pada musim musim tertentu. Pada bulan January hingga Maret penyelaman tidak dapat di lakukan karena ombak yg sangat tinggi dan berbahaya. 
  • Gili Gili Lombok Timur:
    Daerah ini jarang sekali terlihat ikan ikan besar dan hampir semuanya ikan ikan kecil dan banyak kuda laut. Terumbu karangnya juga sangat unik karena di dominasi oleh karang karang meja dan soft coral.


0 comments:

Posting Komentar

 

© 3 Columns Newspaper Copyright by Travelling Information Website, Site For Travellling Review | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks