Sabtu, 19 Desember 2009

Makanan Khas Korea : Bulgogi

Bulgogi adalah masakan khas Korea yang berupa daging panggang. Dalam Bahasa Korea berarti : 불 api, dan 고기 daging.  Bulgogi secara harfiah berarti "api daging" dalam bahasa Korea, karena teknik-memasak di atas api terbuka. Istilah ini juga digunakan untuk variasi seperti Dak Bulgogi (dibuat dengan ayam) atau Dweji Bulgogi (dibuat dengan daging babi), meskipun bumbu berbeda.

Bulgogi dibuat dari irisan tipis prime rib, sirloin atau bagian daging yang bagus dari seekor sapi. Daging direndam dengan campuran kecap, gula, minyak wijen, bawang putih dan bahan-bahan lain seperti daun bawang atau jamur, terutama jamur  putih atau jamur shiitake. Kadang-kadang, mie ditambahkan ke piringan, yang bervariasi menurut wilayahnya di Korea dan resep khusus. Sebelum memasak, daging yang diasinkan untuk meningkatkan rasa dan kelembutan.

Sebelum dimakan, daun selada digunakan untuk membungkus bulgogi bersama kimchi, bawang putih, atau penyedap lain sesuai selera. Bulgogi secara tradisional dipanggang. Di korea pada saat barbecue, 1 siung utuh bawang putih, irisan bawang merah, dan paprika hijau cincang sering dipanggang atau dimasak pada waktu yang sama. Kadang-kadang disajikan dengan daun selada atau sayuran lainnya, yang digunakan untuk membungkus sepotong daging dimasak, dan kemudian dimakan secara keseluruhan.

Di Jepang, makanan yang sejenis disebut Yakiniku. Dibandingkan dengan Yakiniku, bumbu daging untuk bulgogi dibuat lebih manis. Air pada bumbu cukup banyak sehingga daging tidak dipanggang di atas plat besi (teppan), melainkan di atas panci datar.

Ada hamburger Bulgogi cepat saji dijual di berbagai restoran cepat saji korea. Hamburger patty adalah Bulgogi direndam dalam saus dan disajikan dengan daun selada, tomat, bawang merah, dan kadang-kadang keju. Rasanya mirip dengan teriyaki burger.





0 comments:

Posting Komentar

 

© 3 Columns Newspaper Copyright by Travelling Information Website, Site For Travellling Review | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks