Minggu, 24 Januari 2010

Scuba Diving Place : Bunaken Island, Manado, Indonesia

Bunaken Island adalah sebuah pulau  yang terletak di teluk Manado, di sebelah utara pulau Sulawesi, Indonesia. Secara administrasi, pulau Bunaken termasuk wilayah kota Manado. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menuju Pulau Bunaken dari kota Manado.



Dari pusat kota Manado cukup berjalan kaki menuju dermaga Marina Plaza. Di dermaga itu sudah siap perahu yang akan mengantar ke Bunaken. Banyak pilihan transportasi yang dapat digunakan. Bisa menggunakan speed boat yang berkapasitas 15 orang sudah termasuk pemandu wisatanya, perahu kecil atau perahu yang disewakan. Jika datang berombongan bisa menyewa kapal berkapasitas 20-25 orang, yang sudah dilengkapi dengan dinding kaca untuk menyaksikan keindahan alam bawah permukaan laut Bunaken.

Selain dari dermaga Marina Plaza, perjalanan bisa dimulai dari Marina Blue Banter dan Pelabuhan Manado.
Hanya sekitar 20 menit dari dermaga manapun di Manado menuju Bunaken. Tidak sampai setengah perjalanan selepas dermaga di Manado, pesisir Bunaken mulai terlihat.


Pulau bunaken ini merupakan bagian dari Taman Laut Nasional Bunaken. Taman Laut National Bunaken mempunyai luas 890.65 km² dimana hanya 3% yang berupa daratan termasuk Pulau Bunaken, pulau Manado Tua, Mantehage, Nain dan Siladen. Perairan Taman Laut Nasional Bunaken berjarak 1.566 m dari Teluk Manado, dengan suhu berkisar antara 27-29 ° C.


Scuba Diving & Snorkeling, Taman Laut National Bunaken



Keunikan dan yang khas dari pesisir Bunaken adalah pasirnya yang kuning berbeda dengan pasir pantai pada umumnya yang berwarna putih. Selain itu di dalam laut bunaken terdapat berbagai keanekaragaman yang tinggi. Dalam satu zona, bisa terdapat 91 jenis ikan dengan warna yang beragam,  echinodermata, atau spons. 7 dari 8 spesies kerang raksasa yang ada di dunia, semuanya dapat ditemukan di sini. Para snorkeler di sekitar Lekuan atau Fukui terdapat lebih dari 33 spesies ikan kupu-kupu dan berbagai jenis ikan kerapu dan ikan gobi. Di bawah dasar permukaan laut Bunaken ini makin semarak dengan warna warni terumbu karang yang masih alami.



Bunaken Island Coast

Banyak wisatawan domestik maupun internasional datang ke pulau ini untuk recreational scuba diving dan snorkeling ( snorkelling ). Ini merupakan daya tarik utama dari pulau bunaken. Di sana tersedia persewaan perlengkapan diving dan snorkeling. Lokasi snorkelling biasanya tidak terlalu dalam. Hanya sekitar 3-5 meter. Selain itu ada pemandu yang siap mengajarkan snorkeling dalam waktu singkat. Ikan-ikan yang terdapat di areal snorkeling biasanya sudah jinak dan gampang akrab dengan pengunjung. Dengan berbekal remahan roti atau biskuit dapat mengundang para ikan itu untuk datang. Setidaknya ada 20 titik penyelaman dengan kedalaman sampai 1.344 meter.


Scuba Diving Place in Indonesia : Bunaken Island

Bagi para wisatawan yang tidak ingin diving atau snorkelling tak perlu kuatir. Para wisatawan tetap bisa menikmati pemandangan laut dengan menumpang kapal yang dilengkapi aquarium. Aquarium yang dimaksud di sini adalah dinding kapal yang dilengkapi kaca sehingga penumpang bisa melihat isi laut. Kapal aquarium ini akan membawa para wisatawan melintasi tiga titik dengan pemandangan terindah di bawah permukaan laut Bunaken.


Beautiful Under Water View in Bunaken Island


0 comments:

Posting Komentar

 

© 3 Columns Newspaper Copyright by Travelling Information Website, Site For Travellling Review | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks