Selasa, 24 November 2009

Kini Lion Air Menggunakan Perangkat Navigasi RNP

Apakah itu perangkat navigasi RNP ? RNP merupakan singkatan dari Required Navigation Performance. Ini adalah perangkat yang bekerja berdasarkan informasi GPS (Global Positioning System), dimana alat ini berfungsi umtuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penerbangan dengan cara menyajikan data untuk tinggal landas, jalur penerbangan yang paling pas untuk dilalui, serta jalur pendaratan yang teraman. Dengan menggunakan perangkat ini, pesawat tidak perlu lagi melakukan approach yang terlalu tajam seperti yang biasa dilakukan jika pesawat hanya menggunakan perangkat ILS (Instrument Landing System). Perangkat RNP ini juga memiliki kemampuan di segala cuaca. Oleh karena itu, kemungkinan insiden saat approach bisa ditekan seminimal mungkin.

Kini armada Boeing 737-900ER Lion Air bakal menggunakan perangkat RNP tersebut. Sebagai pengguna pertama sistem RNP di Indonesia, Lion Air akan menerapkan di dua buah bandara. Dua bandara itu adalah bandara Sam Ratulangi di Manado dan bandara Pattimura di Ambon. Dipilihnya kedua bandara itu dikarenakan tingkat kesulitannya yang diatas normal. Cuaca yang cepat berubah, banyak gunung-gunung di sekitar bandara dan memiliki frekuensi penerbangan yang cukup padat. Penggunaan perangkat navigasi RNP yang seharga sekitar tiga ratus ribu dollar per unit ini merupakan upaya Lion Air untuk mengoptimalisasi pesawat yang dimilikinya. Untuk penggunaannya, Lion Air menggandeng Boeing sebagai penasehat teknis dan memberikan pelatihan pada awak pesawat Lion Air untuk mengoperasikannya.

0 comments:

Posting Komentar

 

© 3 Columns Newspaper Copyright by Travelling Information Website, Site For Travellling Review | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks