Minggu, 06 Desember 2009

Bibimbap / Bibimbab, Makanan Khas Korea


Bibimbap atau Bibimbab adalah makanan khas Korea. Namanya secara harafiah berarti "nasi campur" dari kata 비빔 (campur) dan 밥 (nasi). Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu. Ini adalah sebuah hidangan sederhana tapi populer, berupa semangkuk nasi putih panas yang disajikan dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran (dimasak maupun mentah), daging sapi, telur, dan sambal gochujang. Sayuran dapat musiman, dengan toraji, bunga lonceng akar, gosari, pakis, tauge, dan bayam sering disajikan. Bahan-bahan lain dapat termasuk chestnut, jujubes, ginseng, dan sejumlah kecil makanan laut mungkin juga disajikan di atas. Sebagian besar restoran menyiapkan piring dengan sendok besar dan cabe merah gochujang sisipkan ditempatkan dengan sayuran.



Hidangan ini tersedia dalam dua cara: sebuah mangkuk besar dengan nasi di bagian bawah dan bahan lain diletakkan di atas, atau hanya bahan-bahan di dalam mangkuk dan nasi ada di mangkuk terpisah. Campur semua bahan bersama-sama kemudian menggunakan sendok untuk makan. Dapat juga disajikan dengan tambahan semangkuk sup.

Cara makan Bibimbap :
Cara untuk makan bibimbap, mencampur bahan dan diaduk sampai nasi dan lauk bercampur rata sebelum dimakan, kemudian makan dengan sendok. Setelah makan, masukkan air panas ke dalam  mangkuk panas  yang digunakan sebagai wadah bibimbap untuk melunakkan beras yang menempel di samping wadah dan kita bisa memakannya juga. Kegiatan mengikis nasi yang mengeras di wadah ini disebut nudungji. .

Beberapa jenis Bibimbap
  • Regular Bibimbap : Topping-nya terdiri dari irisan sayuran, daging, dan pasta merica panas yang tersebar di atas nasi, disajikan di wadah yang dingin dan mangkuk yang dangkal. Kemudian sebuah telur diletakkan di atasnya
  • Dolsot Bibimbap : Bibimbap yang dihidangkan dalam mangkuk dari batu yang sudah dipanaskan disebut Dolsot Bibimbap (돌솥 비빔밥, "dolsot" berarti "mangkuk batu"). Topping-nya mencakup lebih banyak sayuran dan daging dalam mangkuk keramik tebal. Mangkuk batu ini sangat panas dan disarankan untuk tidak menyentuhnya. Panas dari mangkuk batu akan mematangkan telur mentah yang diletakkan di atas nasi sebagai lauk. Sebelum nasi dimasukkan, minyak wijen dituangkan di dasar mangkuk batu agar terbentuk lapisan kerak nasi yang harum dan garing di dasar mangkuk.Kemudian di akir penyajian telur mentah diletakkan di atasnya. 
  • Hweodopbap : Adalah versi lain Bibimbap yang menggunakan bukan daging ikan. Makanan segar, seperti mentimun, selada, dan pasta yang lebih ringan digunakan. Hweodopbap biasanya dinikmati di musim panas karena menyegarkan, sejuk rasanya.
Bibimbap jarang menggunakan saus apapun, selain hot pepper paste. Sebagian orang memilih untuk menambahkan minyak wijen ke bagian bawah piring untuk membuatnya renyah.

Banyak orang Korea percaya Bibimbap didasarkan pada kerajaan yang sama hidangan dari Abad Pertengahan. Ini sangat mirip dengan masakan kerajaan disiapkan dalam waktu itu, dengan menggunakan bahan-bahan yang segar dan beraneka ragam  untuk membuat makanan menarik secara visual. Korea percaya hidangan ini juga menyembuhkan tubuh, memberikan energi , dan membantu menangkal penyakit selama musim dingin. Baru-baru ini, ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa Bibimbap adalah makanan Korea yang menguntungkan, terutama jika Anda ingin menurunkan berat badan.


Mengapa Bibimbap dikatakan sebagai makanan diet yang bagus? Walaupun makanan ini mengandung diet kalori yang tinggi, porsinya yang sangat besar, membuat kita merasa kenyang lebih lama. Bibimbap tidak pernah menggunakan bahan buatan apapun, bahan-bahan organik membuat sangat bagus untuk diet. Sayuran berdaun hijau, daging tanpa lemak, dan irisan rumput laut memberikan banyak manfaat kesehatan bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat.

 Ringkasan Nutrisi dalam Bibimbap:
  • Ada 634 kalori dalam 1 porsi Bibimbap (Korea Dish).
  • Kalori rinciannya: 28% lemak, 56% karbohidrat, 16% protein.
  • Dihitung Weight Watchers ® poin: 14 poin.
  • Perkiraan Net Karbohidrat (non-serat karbohidrat): 85.37g.
Bibimbap juga sangat bergizi. Menurut Calorie King, Bibimbap dalam porsi yang sangat besar mengandung 18 g protein, kalsium 83mg, dan 572mg potassium per porsi. Ini yang menjadikannya sebagai makanan diet yang sangat sehat. Menurut penelitian, perempuan yang mengkonsumsi lebih dari 1.000 mg kalsium per hari dapat menurunkan berat badan hingga 20% lebih. Protein juga penting untuk menurunkan berat badan karena meningkatkan jaringan otot, yang  akan meningkatkan metabolisme. Tubuh Anda dapat membakar lebih banyak kalori jika Anda memiliki lebih banyak jaringan otot.

0 comments:

Posting Komentar

 

© 3 Columns Newspaper Copyright by Travelling Information Website, Site For Travellling Review | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks